Search

Waspada Terhadap Jamur yang Tersembunyi di Rumahmu!


Kita semua tahu, jamur di dalam rumah bisa menjadi masalah yang serius, karena jika dibiarkan maka akan dengan mudah menyebar ke sisi lain dan menyebabkan kerusakan yang lebih serius yang berujung pada tagihan renovasi yang lumayan besar. Mungkin, jika jamur muncul di tempat atau sudut rumah yang terlihat oleh pandangan kita, kita dapat dengan mudah dan jauh lebih cepat dalam menemukan inti masalah dan memperbaikinya. Tapi bagaimana dengan jamur tak kasat mata yang muncul di langit-langit atau dinding kamu?


Jamur tak kasat mata yang tumbuh di rumah kamu jauh lebih merusak dan dapat menghancurkan rumah kamu secara diam-diam. Oh tidak! Tapi jangan khawatir, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mencegah jamur tak kasat mata ini untuk mengambil alih rumahmu dan yang terburuk, kesehatanmu. Selain menyerang rumah, jamur juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti sakit kepala, hidung tersumbat, batuk, dan alergi. Jadi kesimpulannya, kita harus menyingkirkan mereka secepatnya sebelum mereka mulai bertindak dan mempengaruhi segalanya.


Apa yang menyebabkan jamur tumbuh?

Jamur tumbuh di mana saja yang mereka inginkan dan paling aktif di daerah yang lembab. Mereka sangat sering ditemukan di setiap ruangan dalam rumah dengan kondisi yang hangat, sangat lembab dan memiliki ventilasi yang buruk, kondisi ini memungkinkan jamur berkembang biak dengan mudah dan cepat. Selain kondisi lingkungan, terkadang mereka juga tumbuh di "sumber makanan" mereka seperti kertas, kardus, dan kayu.


Bagaimana cara mengidentifikasi jamur yang tidak terlihat?

Ketika konteksnya adalah jamur yang tidak terlihat, lalu bagaimana kita tahu jika mereka sudah ada di rumah kita? Nah, salah satu cara yang paling mudah adalah dengan penciuman. Biasanya area atau ruangan yang bermasalah dengan jamur memiliki bau yang berbeda atau apek di dalamnya. Selain bau, kamu juga bisa mulai memeriksa spora yang terlihat, karena di bawah spora sering terjadi masalah jamur besar. Selanjutnya, kamu juga dapat memeriksa apakah ada kerusakan air, terutama di ruangan yang tertutup atau berdekatan dengan kamar mandi atau perlengkapan air apa pun. Atau kebetulan kamu merasa sering mengalami reaksi alergi seperti yang disebutkan di atas, maka sebaiknya kamu melakukan pemeriksaan secara menyeluruh. Dan terakhir, periksa apakah ada kerusakan fisik pada dinding, plafon, permukaan yang menggelembung, titik lunak, dan retakan.



Sebenarnya, jamur yang tidak terlihat sebenarnya tidak benar-benar tidak terlihat, mereka hanya tersembunyi dari pandangan kita. Mereka sering tumbuh di tempat-tempat yang tidak kita kunjungi atau lihat setiap hari seperti area gelap seperti di bawah lemari, di belakang lemari es, di belakang dekorasi, dan banyak lagi tempat yang jarang kita sentuh dan hanya kita lewati. Dan inilah mengapa mereka berbahaya, karena mereka tumbuh tidak terdeteksi selama bertahun-tahun, dan pada saat kami menemukannya, mereka sebenarnya telah menjadi masalah yang parah dan membutuhkan renovasi besar-besaran.


Bagaimana saya bisa menyingkirkan mereka untuk selamanya?

  • Karena mereka tumbuh subur di area atau ruangan dengan kelembapan tinggi, maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengurangi kelembapan di area tersebut dan menjaga kelembapannya tetap seimbang.

  • Bersihkan area atau ruangan dengan tingkat pertumbuhan jamur yang tinggi secara rutin

  • Gunakan pembersih udara di ruangan dengan ventilasi yang buruk sebagai alternatif

  • Jika area tersebut tertutup atau bersentuhan dengan area basah seperti kamar mandi atau di dekat sumber air, maka kamu bisa menggunakan pengering industri untuk menjaga area tersebut atau melakukan pemeriksaan rutin untuk mencegah kebocoran, jika kamu melihat walau hanya sedikit bocor, maka segera perbaiki.

  • Jika kamu begitu yakin bahwa atap atau sistem perpipaanmu adalah penyebab utamanya, maka lakukan juga pemeriksaan rutin dan segera perbaiki.

Ingatlah untuk tidak melakukan renovasi sampai masalah yang mendasarinya diperbaiki, jika tidak, maka kamu hanya akan menghabiskan dua kali lipat kerja keras dan usaha.


Sebagai tambahan, kamu juga bisa loh mengatasi dan mencegah jamur dari bagian luar rumah dengan menggunakan cat waterproofing, untuk mencegah terjadinya kebocoran merembes kedalam rumah dan mengakibatkan bertumbuhnya jamur. Memilih cat waterproofing juga harus smart ya, jangan memilih yang murah di awal namun setelah beberapa bulan pemakaian, biasanya lapisan waterproofing akan retak dan menyebabkan kebocoran kembali terjadi yang justru mengarah untuk tindakan yang lebih mahal karena kamu pada akhirnya akan membeli dan melapisi ulang.


Pilih dan pelajari keunggulan produk cat waterproofing sebelum membelinya. Seperti cat waterproofing dari Reflecto yang tersedia dalam 2 varian yaitu leakfree dan leakfree pro. Keduanya merupakan cat waterproofing yang mampu mencegah kebocoran minimal 15 tahun dengan penggunaan full bundle, memiliki kekuatan elastisitas super stretch hingga 800%, dan untuk leakfree pro sendiri memiliki fitur tahan panas juga loh, yang membantu dalam mengurangi suhu panas di dalam ruangan.

logo wa hitam yogiancreative.png