Search

Peran Bambu Dalam Dunia Seni dan Pembangunan



Bambu mempunyai beragam manfaat baik untuk kegunaan secara tradisional maupun maupun modern. Dalam dunia konstruksi sendiri, bambu juga banyak diminati sebab mempunyai struktur yang kokoh dan sifat lentur yang tinggi. Di Indonesia sendiri, bambu banyak digunakan sebagai bahan bangunan, serta perabotan dan hiasan rumah. Salah satu kekuatan bambu berasal dari rongga-rongga bambu itu sendiri atau biasa disebut sebagai bracer. Fungsi dari Bracer pada bambu adalah untukmembuat elemen yang digunakan sebagai struktur menjadi lebih ringan dan fleksibel. Lalu sejauh apakah material bambu dapat di ekplorasi?


Bambu dalam kontruksi

Dalam dunia konstruksi umumnya dapat kita jumpai bambu diolah menjadi bekisting atau perkuatan dalam proses pencetakan struktur beton bertulang sesuai dengan bentuk dan ukurannya, kolom rumah yang biasa digunakan pada rumah atau bangunan dengan konstruksi bambu, lantai bangunan yang biasanya disusun menjadi suatu permukaan kuat, rangka atap seperti kuda-kuda,reng dan lainnya yang membentuk struktur atap kokoh, plafon sebagai rangka sekaligus penutup langit - langit baik dengan lembaran anyaman bambu maupun bambu yang dipecah, dan banyak lainnya.


Bambu dalam produk desain

Dalam dunia desain produk, bambu juga banyak dimanfaatkan baik sebagai anyaman maupun struktur dari suatu perabot dan produk. Umumnya banyak dijumpai furnitur dengan material bambu seperti pada meja kursi, sofa, lemari, pintu rumah, hiasan dan banyak lainnya. Perabotan atau hiasan dengan material bambu memberikan kesan yang lebih natural dan tradisional, namun mengikuti perkembangan model saat ini, banyak juga furnitur ataupun haisan yang menggunakan material bambu sebagai tambahan hiasan yang memberikan kesan modern dan kemewahan.


Arsitektur Bambu

Dalam dunia arrsitektur, bambu banyak dimanfaatkan sebagai pavillion hingga bangunan. Berikut merupakan beberapa bangunan modern dengan bambu di indonesia. - School of Alfa Omega / RAW Architecture - sekolah yang terletak di kota Tangerang, sebuah bangunan sekolah yang memanfaatkan material bambu sebagai rangka atap, plafon, lantai, hingga strukturnya.Juga memanfaatkan bata kaca sebagai material pembatas tambahan. - Green school bali / IBUKU - sekolah yang teretak di bali, dikelilingi oleh alam yang subur. Seluruh bangunan memanfaatkan bambu sebagai material rangka atap, dinding, pagar, lantai hingga strukturnya. - Casablancka Residence / Budi Pradono - sebuah rumah tinggal yang memadukan material alami bambu dengan material konstruksi umumnya. Pada rumah ini, material bambu dimanfaatkan sebagai struktur rangka atap interior rumah dan juga area selasar luar rumah. Memberikan sentuhan alam dalam interior rumah.


Keunggulan Bambu

Banyak alasan mengapa bambu diminati dan banyak digunakan. Beberapa diantaranya yaitu bambu mempunyai kekuatan setara atau lebih dari beton dalam struktur, bambu juga mudah dibelah, dipotong dan dibentuk, bambu mempunyai serat yang elastis dapat mengoptimalkan beban tarik tekan, geser dan tekuk, relatif lebih murah dan ramah lingkungan, serta mempunyai tampilan alami.


Kekurangan Bambu

Sama halnya dengan benda lainnya, bambu juga mempunyai sisi kekurangannya seperti, cukup rentan terhadap pelapukan, tidak tahan dengan api, tidak tahan dengan air, rawan terkena rayap, jamur dan sejensinya, memerlukan pelapisan dan pengoahan lebih lanjut agar dapat bertahan lama, dalam pengerjaan penyambungan bambu dengan bambu maupun dengat material lain memerlukan teknik khusus.

logo wa hitam yogiancreative.png