Search

Meja Dapur Dari Batu Alam Memberikan Kesan Mewah Pada Dapur, Namun Cara Merawatnya Bagaimana?


Memasuki era seperti saat ini dimana seluruh aktivitas seringnya dilakukan didalam rumah membuat banyak pemilik rumah ikut merombak atau merenovasi rumah agar mendapatkan suasana rumah yang lebih nyaman, dan salah satu area yang umumnya dilakukan perombakan adalah area dapur sebab menjadi salah satu area terpenting dalam rumah.


Saat berbicara mengenai perombakan pada dapur pastinya yang terlintas adalah area kitchen set yang mungkin diperluas ataupun dirombak menjadi lebih fungsional dan terang. Biasanya material yang digunakan pada kitchen set pun beragam, bisa berupa perpaduan kayu olahan seperti multipleks dengan finishing HPL sebagai kabinet dan bahan keramik sebagai toptable dan backsplash, atau juga perpaduan stainless steel sebagai cabinet dengan toptable finishing HPL dan masih banyak lagi.


Selain beberapa material yang disebutkan diatas, penggunaan material seperti batu alam juga sering loh digunakan pada area dapur, baik sebagai toptable, backsplash maupun dinding. Selain mempunyai motif yang indah, material batu alam seperti marmer, granit dan lainnya juga dapat memberikan kesan mewah pada area dapur.


Tetapi perlu diingat, agar meja dapur batu alam kamu bisa tetap memberikan kesan mewah dan indah pada dapur, kamu perlu mengetahui cara membersihkan dan merawat yang baik dan benar. Karena apabila salah perawatan atau sama sekali tidak dirawat, maka permukaan batu alammu akan rusak dan pada akhirnya batu alam kamu bukannya memperindah ruangan dapur melainkan merusak pemandangan dan keindahan dapur.


Batu alam seperti marmer, granit dan lainnya yang dipakai dalam interior rumah umumnya mempunyai permukaan yang lebih sensitif dan lembut yang menyebabkan permukaan mudah sekali tergores, serta juga mempunyai banyak pori-pori kecil pada permukaan yang menyebabkan tingkat penyerapan pada permukaan cukup tinggi. Oleh sebab itu saat melakukan pembersihan pada permukaan meja batu alam diperlukan cara dan bahan yang tepat.


Memang sih, membersihkan dan merawat itu terdengar gampang, namun untuk merawat permukaan batu alam agar terbebas dari noda membandel terutama apabila permukaan itu adalah meja dapur yang sering terkena atau terkontak langsung dengan bahan masakan maka itu biasanya cukup ribet loh.


Apa saja sih yang perlu diperhatikan dalam perawatan meja batu alam?

Nah saat mengelap atau membersihkan meja dapur batu alam, pastikan menggunakan cairan yang tidak merusak dan sebaiknya menggunakan larutan pembersih dengan kadar PH yang memang diformulasikan khusus. Karena jika menggunakan sembarang cairan pembersih atau cairan pembersih yang biasa maka akan menyebabkan permukaan rusak seperti yang dikutip dari Kompas.com "bahwa pembersih rumah tangga yang mengandung bahan sintetis termasuk pigmen dan pelarut dapat merusak segel pelindung batu alam yang berakibat pada noda, goresan, dan permukaan kusam".


Kandungan dan bahan apa saja yang sebaiknya dihindari meja batu alam?

Bahan makanan dan minuman dengan kadar asam tinggi sebaiknya dijauhkan dari meja batu alam, misalnya seperti kopi, soda, teh, anggur, jus jeruk dan atau jus lainnya, sebab minuman seperti ini bisa dengan cepat menembus pori-pori dan akan meninggalkan noda. Selain itu bahan masakan dapur seperti kunyit, kecap, saus, dan lainnya yang cukup bernoda juga sebaiknya dijauhkan atau dialas dengan suatu wadah agar tidak membekas dan meninggalkan noda membandel pada permukaan meja batu alam.


Jadi bahan pembersih seperti apa sih yang cocok untuk batu alam ku?

Ini nih bagian yang ditunggu-tunggu!

Buat kalian yang menggunakan batu alam dirumah, baik sebagai finishing furnitur, ataupun sebagai lantai dan dinding, kini kamu tidak perlu pusing dan khawatir akan noda-noda membandel lagi loh. Karena, di Reflecto kini sudah tersedia rangkaian produk pembersih,yaitu The Spotless Family yang mampu memberikan proteksi lebih kepada batu alam kamu serta mampu menghilangkan noda paling bandel sekalipun.


Apa aja sih rangkaian "The Spotless Family"?

Spotless Family kami terdiri dari 3 jenis, antara lain:

Stain shield

cairan coating yang melindungi permukaan dengan cara masuk ke pori-pori permukaan dan membuat permukaan menjadi hydrophobic (anti air)



Floor care

cairan antiseptik pembersih lantai harian dengan wangi lavender yang selain membersihkan permukaan, juga dapat membantu menangkal nyamuk.




Instant stain remover

semprotan pembersih ramah lingkungan yang efektif menghilangkan noda membandel seperti minyak, kotoran, dan debu hanya dengan beberapa semprotan.



Ketiga produk ini bisa dipakai untuk batu alam apa saja, namun akan lebih maksimal bekerjanya apabila dipakai pada Nakedstone by Reflecto.

logo wa hitam yogiancreative.png