Search

Kenali Lebih Mengenai Desain Brutalism Dalam Arsitektural

Brutalisme dalam arsitektur disebut juga dengan arsitektur brutalist. Kata brutalisme diambil dari bahasa Prancis -- béton brut atau beton mentah dalam bahasa Inggris. Desain Brutalisme adalah tindakan menghasilkan bentuk yang sangat ekspresif, penekanan pada bahan, tekstur dan konstruksi. Desainnya mengutamakan desain mencolok daripada minimalis.


Gerakan ini populer dari tahun 1950-an hingga pertengahan 70-an, saat itu desain brutalist sering ditemui sebagai desain untuk sekolah, gereja, perumahan umum, dan gedung-gedung pemerintah. Istilah "brutalisme" ini pertama kali digunakan untuk menggambarkan desain estetika yang menampilkan beton telanjang, batu bata, dan kayu. Sebagai kelanjutan dari gerakan ini, selama tahun 1960-an, arsitektur brutalisme kemudian didominasi oleh penggunaan beton mentah.


Selama tahun 1980-an, penampilan brutalis menjadi terlalu kasar dan terlalu abstrak, yang menyebabkan gaya tersebut cepat tidak disukai. Gerakan brutalist di tahun 80-an difitnah, gedung-gedung saat itu identik dengan persepsi dan ancaman negatif. Karena beton mentah memiliki masa pakai yang singkat untuk penampilannya dengan paparan cuaca, hal itu menyebabkan kerusakan yang terlihat pada bangunan dan mengubahnya menjadi pembusukan perkotaan dan mempengaruhi pemandangan jalan.


Tapi maju cepat ke beberapa dekade kemudian, bagaimanapun, gerakan ini naik dalam tren, menderu kembali ke gaya. Beberapa bangunan brutal yang seharusnya dihancurkan diselamatkan melalui gerakan pelestarian publik dan beberapa bahkan ditambahkan ke daftar warisan nasional sementara yang lain mencapai status warisan UNESCO. Banyak bangunan brutal diubah dan direnovasi agar tidak merusak pemandangan dan lebih cocok dengan era saat ini.


Dan tahukah kamu, salah satu Headquarter Yezzy milik rapper terkenal Amerika, Kanye West, juga didesain mengadopsi gaya brutalisme pada dinding beton dan perabotannya juga loh.



Jadi apa fitur utama arsitektur brutalist?

  • Permukaan kasar, kontras tekstur dan material

  • Bentuk besar, menciptakan rasa besar, berat, dan bingkai yang solid

  • Bentuk yang tidak biasa, desain brutalisme dapat diidentifikasi dan mudah dibedakan karena efek dramatis dan barbarnya

  • Ekspresi struktur, gambar yang kuat dan mudah diingat dari struktur yang tegas


Berikut adalah beberapa desain arsitektur brutalist yang ikonik:

Perpustakaan Geisel / William L. Pereira & Associates

Dibangun pada tahun 1970, perpustakaan dengan bentuk alien mengadaptasi desain futurisme dan brutalisme. Dengan 16 tiang beton besar yang menjulang dan bercabang ke luar pada sudut 45 derajat menopang kantilever dengan penutup kaca melayang yang terbuat dari lembaran kaca berlapis raksasa untuk memberikan cahaya ke ruang baca.



Rumah Harry dan Penelope Seidler, Killara, Sydney

Sebuah rumah keluarga yang dibangun pada tahun 1967, terletak di sebuah situs semak belukar yang tampak tersembunyi dari permukaan jalan tetapi dari dasar properti itu sebenarnya adalah massa dengan skala besar dengan beton geometris. Rumah itu dirancang dengan beton terbuka yang dilengkapi dengan langit-langit kayu ek Tasmania, lantai batu kuarsit Norwegia, dan basal biru-abu-abu untuk perapian. Furnitur built-in juga terbuat dari material ekspos yang menambahkan desain lebih brutal ke rumah.



Balai kota Boston / Kallmann McKinnell & Knowles

Gedung pemerintahan di Boston, selesai dibangun pada tahun 1968. Gedung ini telah bertahan dari banyak pencela dan ancaman untuk dibongkar. Pada tahun 2006, Wali Kota Boston pernah mengajukan petisi untuk menghancurkan gedung-gedung tersebut karena dinilai kurang efisien dan tidak estetis, namun singkat cerita hal ini dibatalkan. Dan sejak kasus-kasus itu terjadi, sekelompok aktivis mampu mempertahankan bangunan ini dan memberikan status landmark khusus kepada balai kota dan melarang modifikasi lebih lanjut.



Stasiun Bus Preston / Keith Ingham dan Charles Wilson

Terminal bus terletak di kota Preston, utara Inggris. Dibangun antara tahun 1968 dan 1969, awalnya dirancang oleh Keith Ingham dan Charles Wilson. Lekukan khas balkon dirancang oleh insinyur bangunan Ove Arup and Partners. Bangunan ini juga diancam akan dibongkar sebagai bagian dari proyek pembangunan kembali dewan kota namun setelah berbagai permohonan dan pertimbangan ditolak, kasus ini juga akhirnya dibatalkan. Sebelum itu, pada tahun 2012 bangunan ini sudah terdaftar dalam daftar situs berisiko World Monument Fund, tetapi John Wilson dari Fulwood di Preston dan anggota 'Save Preston Bus Station mengajukan petisi dengan 1400 dan lebih banyak tanda tangan untuk menjaga bus stasiun dan berinvestasi di dalamnya. Bangunan ini kemudian dipugar oleh John Puttick Associates, interiornya telah dipugar dan tata letak stasiun bus juga telah diperbarui.


Sekarang setelah kamu mengetahui tentang desain brutalisme, bagaimana menurut Anda? Apakah terlihat estetis atau sebaliknya?


Sumber:

https://www.gq.com/story/9-brutalist-wonders-of-the-architecture-world

https://www.architecture.com/explore-architecture/brutalism

https://www.architectureanddesign.com.au/features/list/a-look-at-brutalist-architecture

http://architectuul.com/architecture/preston-bus-station

logo wa hitam yogiancreative.png