Search

Jelajahi Arsitektur Singapura

Berkunjung ke Singapura saat liburan, tempat-tempat yang terlintas di benak kita mungkin adalah Jewel Changi Airport, Merlion Park, Sentosa Island, Garden by the Bay, Marina Bay Sands, dan lain sebagainya. Tapi percayalah, destinasi-destinasi itulah yang terlintas di benak para turis pada umumnya. Namun, jika itu adalah turis arsitektur, tujuan yang paling mungkin mereka miliki dalam rencana perjalanan mereka adalah Esplanade, The Interlace, Funan Mall, dan banyak lagi, karena turis arsitektur cenderung menikmati liburan mereka dengan mengabadikan memori bangunan daripada berkunjung ke destinasi wisata terkenal lainnya. Jadi pada artikel kali ini, mari kita tur virtual ke bangunan arsitektur Singapura yang menakjubkan.


Singapura sendiri telah muncul sebagai pusat desain global. Rumah bagi arsitektur modern yang memukau dengan fokus kuat pada sustainability. Ada banyak preseden desain di mana bangunan bertingkat tinggi atau bangunan umum Singapura diintegrasikan ke dalam lanskap dan bagaimana bangunan merespons iklim tropis dan kendala ruang. Meskipun pembangunan gedung-gedung baru dan landmark-landmark ikonik terus berkembang, Singapura masih memiliki porsi yang adil dalam merepresentasikan bangunan-bangunan tradisionalnya yang ikonik. Desain arsitektur Singapura tidak memiliki label gaya tertentu, karena latar belakang budaya dan etnis sangat beragam sehingga menghasilkan pengaruh desain yang bervariasi juga.


Tanpa basa-basi lagi, mari kita selami desain bangunan menakjubkan ini!



Esplanade Theatres On the Bay / DP Architects dan Michael Wilford & Partners

Bangunan dengan bentuk mirip durian, dengan fungsi bangunan yaitu gedung teater, gedung konser, dan area ritel. Fasad terbuat dari 7139 aluminium segitiga sebagai naungan matahari yang merespon arah sinar matahari ke dalam bangunan. Memberikan interaksi yang maksimal antara bagian dalam dan alam di bagian luar.



The interlace / OMA dan Buro Ole Scheeren

Kompleks perumahan khas yang terbuat dari 31 blok identik bertingkat rendah yang ditumpuk. Blok volume bertumpuk ini mencapai kepadatan tinggi dan pada saat yang sama menjaga privasi dan pandangan jarak jauh, juga memungkinkan ruang-ruang umum yang tercipta diisi dengan area hijau tropis dan berbagai kegiatan publik residensial lainnya.



Learning hub / Heatherwich studio

Gedung serba guna baru yang merupakan bagian dari rencana pembangunan kampus NTU. Alih-alih berstruktur kotak dengan koridor penghubung, mereka memilih desain yang unik dengan tujuan utama agar learning hub ini bisa menjadi tempat para mahasiswa bertemu calon mitra bisnis atau profesor dari berbagai disiplin ilmu. Terdiri dari dua belas menara bundar, di mana ruangan terbuka menghadap ke bagian dalam bangunan, menghadap ruang sirkulasi bersama di sekitar atrium dan taman informal.



Funan Mall / Woods Bagot

Sebuah bangunan publik bagi orang-orang untuk bermain, bekerja dan hidup. Ini adalah bangunan campuran, menyediakan ritel, hiburan, rekreasi, kesehatan, makanan dan minuman, co-working, kantor, dan co-living serviced residence. Konsep bangunan ini adalah The Tree of Life yang merepresentasikan habitat kreativitas, kolaborasi, dan rekreasi di bawah satu atap. Fasad berpanel dichroic dengan warna nada bumi yang membungkus eksterior bangunan merepresentasikan bentuk akar pohon. Di tengah area perbelanjaan terdapat tempat komunitas bagi pengunjung untuk berkumpul, berkolaborasi, berekspresi dan memamerkan aktivitas mereka, juga terdapat jalur sepeda di dalam area perbelanjaan, wow! Jalur sepeda ini menghubungkan gedung dengan rute wisata kota. Di rooftop sendiri terdapat juga aktivitas outdoor seperti urban farm, lapangan futsal rooftop, dan taman, sehingga pengunjung tidak hanya bisa nongkrong di dalam ruangan tapi juga di luar ruangan dengan nilai edukasi.



Bishan Public Library / LOOK Architects

Perpustakaan umum dengan pod kantilever persegi panjang bagi pengunjung untuk membaca dan bekerja. Perpustakaan ini telah menjadi ruang perkotaan dengan fungsi yang melebihi perpustakaan umum, di sini perpustakaan dirancang untuk menumbuhkan kesan belajar yang menyenangkan namun tetap sebagai tempat yang tenang untuk merenung. Selain itu, bangunan mengadopsi penggunaan skylight, teralis, dan kaca berwarna dalam perpustakaan sehingga pengunjung dapat menikmati suasana belajar dan membaca yang nyaman sepanjang hari



Robinson Tower / New York's Kohn Pedersen Fox Associates (KPF)

Sebuah gedung bertingkat yang terbagi menjadi dua bagian dengan taman atap bertingkat di antaranya. Bagian atas ditinggikan oleh struktur inti yang ramping, yang pada bagian struktur ini juga berfungsi sebagai terraced rooftop yangmemberikan pemandangan maksimum ke Marina terdekat. Bangunan ini dirancang untuk membentuk hubungan kontekstual dengan Pasar Telok Ayer dan mengintegrasikan ruang terbuka hijau yang pada akhirnya menumbuhkan aktivitas ranah publik.

logo wa hitam yogiancreative.png