Search

Hardscape dan Softscape, Mana yang Lebih Cocok Untuk Mendekorasi Taman Anda?


Mempunyai taman atau sedikut ruang terbuka hijau dirumah memberikan nilai tambah bagi estetika rumah dan juga dapat berfungsi sebagai tempat untuk relaksasi. Namun apakah taman dirumahmu sudah dihias dengan jenis perkerasan yang tepat yang memberikan nilai tambah dalam keindahan rumah? Atau malah taman dirumahmu hanya dibiarkan kosong sebagai ruang terbuka hijau yang ditumbuhi rumput saja?


Perkerasan pada area ruang hijau atau taman umumnya terbagi menjadi hardscape dan softscape. Hardscape dalam ruang hijau merupakan elemen perkerasan yang digunakan untuk menutupi suatu bidang baik secara menyeluruh maupun dengan sedikit bukaan / lubang pada bidang solidnya, terdiri dari paving block, dek kayu, batu kerikil, batu lempengan, batu bata dan lainnya. Sedangkan softscape merupakan elemen lunak dalam suatu ruang hijau yang masuk kedalam kategori makhluk hidup atau biotik, seperti tanaman - tanaman, rumput, semak, pohon dan lainnya.


Pada artikel ini temukan jenis hardscape dan softscape yang cocok dan sesuai untuk menghiasi taman dirumahmu yuk!


Jenis - jenis hardscape :


Kayu

Jenis hardscape yang tidak menghilangkan kesan natural dalam taman melainkan menambahkan kesan natural yang sangat kuat, sebab material kayu umumnya sangat cocok untuk dipadukan dengan elemen alam baik tanaman, rumput, bebatuan, atau bahkan kolam ikan. Namun perlu diingat bahwa jenis kayu yang digunakan untuk kegunaan outdoor dan indoor berbeda, berikut beberpa pilihan kayu untuk kegunaan outdoor antara lain kayu ulin, merbau, jati atau mungkin gunakanlah dek kayu sintetis yang dijual dipasaran. Jadi jangan salah pilih ya!


Kerikil dan batu koral

jenis bebatuan ini sering digunakan dieksteriror sebagai hiasan pada tepi kolam ikan, hiasan tanaman minimalis, jalur pedestria taman dan lainnya. Selain itu, penggunaan batu koral atau kerikil pad aindoor juga sering kita jumpai, misalnya sebagai lantai hias pada area cafe, hiasan mendia tanaman indoor dan lainnya. Tidak heran apabila batu koral dan kerikil mempunyai banyak peminatnya, sebab selain mempunyai nilai estetika yang cukup indah batu koral atau kerikil juga tidak menghalangi proses peresapan air kedalam tanah, jadi cocok deh digunakan dimana saja.



Paving rumput

Jika kamu mempunyai taman luas di perkarangan maupun dibelakang rumahmu, dan ingin memberikan tapak solid agar dapat dipakai beraktivitas atau mungkin untuk dilewati saat hujan namun tidak ingin sepenuhnya menghilangkan area hijau maka paving rumput merupakan pilihan yang cocok, paving rumput umumnya merupakan perkerasan yang terbuat dari campuran beton dengan lubang ditengahnya sebagai area menanam rumput, corak dari paving rumput juga beragam dipasaran, namun perlu diingat untuk tetap merawat paving rumput dengan menyirami air secara berkala karena terdapat media rumput.



Lempengan batu besar

selain sebagai hiasan, umumnya lempengan batu besar juga disusun untuk sebagai area pijakan unutk berjalan di atas rumput, dengan adanya lempengan batu jadi pengguna tidak perlu khawatir akan kotor dan ataupun licin terutama saat kondisi hujan. Jenis lempengan batu yang dijual dipasaran juga sangat beragam loh, jadi kamu bisa memilih corak ataupun motif yang kamu suka unutk menghias taman.


Jenis jenis softscape :


Softscape pada taman dapat berupa tanaman atau tumbuhan apa saja, antara lain

  • Semak perdu

  • Pepohonan kecil menuju sedang sesuai ukuran taman seperti pakis haji, bonsai, siklok, kamboja, palem hias dan lainnya

  • Tanaman hias seperti kaktus, lidah mertua, lavender, dan lainnya


Jadi sudahkah kamu memutuskan bagaimana mendekorasi taman rumah Anda hari ini? Pilihlah jenis hardscape dan softscape yang sesuai dengan keperluanmu dan yang mudah dirawat apabila kamu merupakan orang yang sibuk ya!

logo wa hitam yogiancreative.png