Search

Desain High Rise Mana Nih Yang Kamu Suka?



Ketika kita berbicara tentang desain, ini adalah topik yang luas. Dimana pengguna desain memiliki selera tersendiri dalam estetika dan keindahan sebuah desain. Sama halnya dengan desain arsitektur, jumlah arsitek yang tak terhitung jumlahnya di seluruh dunia, baik yang telah menjadi bagian dari asosiasi arsitektur maupun yang berdiri sendiri di bidang ini. Lingkup arsitektur juga beragam, seperti desain perkotaan, desain lansekap, desain interior, desain bangunan hijau, desain komersial, desain residensial, dan sebagainya. Di setiap ruang lingkup juga, mereka semua memiliki gaya desain yang unik sebagai ciri khas mereka. Untuk kali ini, mari kita bahas lebih mengenai beberapa desain gedung tinggi yang menarik oleh arsitek terkenal di dunia.


Berikut beberapa preseden bangunan tinggi dari beberapa arsitek ternama, favoritmu yang mana nih?


MahaNakhon Tower / Büro Ole Scheeren

Bangunan mix-used yang terletak di tengah kota Bangkok berbentuk pixelated dan coakan dengan masa bertumpuk, teras dan tonjolan untuk menciptakan kesan tiga dimensi pola pixelated yang melingkari menara. Desain pada bangunan ini juga menggambarkan dirinya sebagai bukan menara yang terisolasi melainkan gedung pencakar langit yang menyatu dengan sekitarnya, menyatu antara tanah dan langit, dan menghubungkan bangunan ke struktur perkotaan disekitarnya. Dengan variasi program ruang seperti sky bar, restoran dan outdoor bar dengan pemandangan 360 derajat mengapung 314 meter di atas kota; teras, kamar terapung, dan apartemen yang menggabungkan outdoor dengan indoor; plaza publik yang berlanskap berfungsi sebagai tujuan umum baru di dalam kota; ruang ritel dengan taman yang rimbun dan teras yang tersebar di berbagai tingkat untuk restoran, kafe, dan pasar 24 jam; rumah satu tingkat dan dupleks yang masing-masing menawarkan suasana penthouse skybox; dan juga hotel butik dengan 150 kamar hotel.


The Toronto Tree Tower / Precht studio

Sebuah bangunan bertingkat tinggi modular dengan desain berkelanjutan, menggunakan material yang tampak alami seperti kayu dan tanaman yang tumbuh di fasadnya, menghidupkan bangunan dan juga kontras besar di kota di mana sebagian besar bangunan dibangun dengan baja, beton, dan kaca. Tujuan dari bangunan ini adalah sebagai patokan dan harus dilihat sebagai katalis untuk bangunan tempat tinggal masa depan yang 'lebih efisien untuk dibangun' dan 'lebih ekologis terhadap lingkungan kita' daripada metode konstruksi umum. Ini adalah menara 18 lantai setinggi 62m yang terdiri dari area perumahan, area umum dengan kafe, pusat penitipan anak, dan workshop untuk komunitas di lingkungan sekitar. Desain dari bangunan ini mencoba membangun hubungan antara alam, memunculkan hubungan 'bangunan dengan alam'.


Vanke 3d city / MVRDV

Sebuah bangunan multi-massa dengan 8 blok yang saling bertumpuk, terletak di Shenzhen, Cina daratan. Ini adalah mix-used dengan program ruang yang terdiri dari kantor yang dapat disewa, ruang ritel, restoran, hotel, dan banyak ruang terbuka. Kedelapan blok didesain dengan fasad yang berbeda-beda, dimana empat blok memiliki lekukan pada satu fasad atau lubang yang menembus seluruh kedalaman blok. Setiap blok memiliki ruang semi-publik yang dikombinasikan dengan ruang hijau di atap terbuka, menciptakan jaringan area rekreasi yang lebih beragam. Meskipun balok-balok itu tampaknya hanya ditumpuk dan dipisahkan, sebenarnya mereka semua saling terhubung membuat menara-menara ini menjadi kota tiga dimensi yang sesungguhnya.


The Corniche / Foster + partners

Sebuah bangunan mix-used dengan tiga menara sebagai landmark. Sebagai suatu bangunan mix-used, bangunan ini memiliki variasi program ruang yang beragam mencakup apartemen, rumah terjangkau untuk tempat tinggal senior, kantor, restoran dan bar, gym, kolam renang dan spa. Balkon pada bangunan ini dirancang dalam bentuk melengkung yang memungkinkan pemandangan panorama yang spektakuler dari dalam gedung. Bentuk lengkung lebih ditekankan oleh detail metalik yang sangat reflektif, dan dirancang untuk menangkap sinar matahari.

logo wa hitam yogiancreative.png