Search

Dampak / Bahaya Yang Ditimbulkan Dari Sinar UV Berlebihan


Berjemur dibawah matahari terutama pada pagi hari memang dianjurkan untuk kesehatan, berjemur pada pagi hari memberikan vitamin D pada tubuh dan kulit kita. Namun apabila berjemur berlebihan pada jam yang tidak tepat maka akan berdampak buruk pada kesehatan dan kulit kita loh. Dampak buruk yang terjadi ini umumnya disebabkan oleh sinar-sinar radiasi yang berasal dari paparan sinar matahari.


Apa saja radiasi yang dipaparkan oleh matahari?

Sinar matahari yang terang dan panas terdiri dari beberapa radiasi, mencakup radiasi sinar kosmik, sinar gamma, sinar X, sinar UV, sinar terang (visible light), sinar inframerah dan gelombang radio.


Untuk sinar UV sendiri, terbagi lagi menjadi beberapa jenis seperti


Sinar UV-A

sinar UV dengan radiasi yang kuat saat mencapai bumi, merupakan penyumbang utama dalam masalah kerusakan sel-sel kulit yang merupakan penyebab terjadinya kanker kulit


SInar UV-B

sinar yang membakar kulit dan membuat kemerahan, kerusakan pada kulit yang disebabkan UV-b biasanya lebih dangkal


Sinar UV-C

sinar yang diserap oleh ozon namun radiasinya lebih berdampak dalam menimbulkan kerusakan


Umumnya radiasi-radiasi jahat seperti sinar gamma, sinar kosmik, sinar X dan sinar UVC akan disaring oleh atmosfer kita. Namun radiasi lainnya seperti sinar UVA, UVB dan sinar IR tetap mampu menembus atmosfer dan pada akhirnya mencapai ke permukaan bumi, ke tempat kita berlindung hingga ke tubuh kita.



Bahaya apa saja yang ditimbulkan oleh sinar jahat UV?

Sinar UV yang berlebihan dapat menyebabkan beberapa masalah seperti:

- menyebabkan kanker kulit

- membakar kulit

- merusak kekebalan tubuh

- mempercepat proses penuaan diri

- memicu kerusakan mata

- merusak atau memudarkan warna pada perabot atau furnitur

- merusak lapisan bangunan


Meskipun sinar UV memberikan banyak dampak negatif, namun disisi lain sinar UV juga mampu memberikan beberapa manfaat loh, seperti:

- sumber alami vitamin D

- membantu proses fotosintesis pada tumbuhan

- membunuh bakteri dalam air minum

- membantu proses deteksi makanan dan navigasi untuk hewan (serangga)



Bagaimana cara kita mencegah sinar UV yang berlebihan?

Terdapat beberapa cara dalam mengatasi masalah ini, misalkan apabila pada kondisi tubuh maka cegah menggunakan sunscreen dan payung saat berada diluar ruangan, apabila pada kondisi mata maka gunakanlah kacamata hitam, atau cara lainnya adalah berlindung didalam rumah.


Namun, apabila rumah sebagai tempat berlindung mempunyai banyak bukaan dan jendela transparan maka bagian dalam rumah tetap akan terpapar sinar matahari secara langsung dan dampak sinar UV tetap akan terasa loh. Bukan hanya akan merusak furnitur rumah namun juga akan berdampak kepada para anggota rumah yang duduk berdekatan dengan jendela.


Nah, oleh sebab itu banyak pemilik rumah yang telah sadar akan dampak UV dan ingin mencegah kerusakan ataupun dampak yang disebabkan oleh sinar UV biasanya akan menggunakan alternatif kaca film. Dengan adanya lapisan kaca film pada jendela transparan, maka rumahmu akan terlindungi dari dampak UV dan juga dari panas berlebihan yang berasal dari sinar inframerah (IR).


Saat sebelum memilih jenis kaca film, sebaiknya kalian mempelajari spesifikasi kaca film yang ditawarkan terlebih dahulu, pilihlah kaca film yang sesuai dengan kebutuhanmu dan yang terbukti mampu mereduksi panas serta memantulkan radiasi-radiasi matahari. Seperti refelctofilm, kaca film yang terbukti mampu menurunkan panas serta memantulkan UV dan IR hingga 100%* serta mampu menurunkan tagihan listrik hingga 50%* loh.

logo wa hitam yogiancreative.png