Search

Begini Cara Menghemat Listrik Melalui Design Rumah!


Ketika membicarakan mengenai penghematan energi umumnya hal ini merupakan tugas kita sebagai manusia. Seperti mematikan lampu yang tidak digunakan, menutup aliran air saat tidak digunakan, memperbaiki keran air yang bocor, dan masih banyak lagi. Namun bagaimana jika suatu rumah ternyata juga dapat membantu penghematan tagihan listrik? Jika kondisi rumah anda saat ini sedang dalam tahap pembangunan atau renovasi, kamu mungkin ingin mempertimbangkan untuk berdiskusi kepada arsitekmu mengenai penerapan startegi desain pasif pada rumahmu. Berikut terdapat beberapa startegi desain pasif yang dapat diterapkan dalam rumah yang membantu meringankan tagihan listrik.


Rumah dengan plafon tinggi

Pada umumnya, rumah yang kita jumpai mempunyai ketinggian plafon minimal 2,8 hingga 3,2m. Tapi pernahkah anda memasuki rumah dengan ketinggian plafon melebihi itu yang berfungsi sebagai void dalam rumah? atau pernahkah kamu berdiri dibawah void tangga yang terhubung langsung dari lantai satu ke lantai teratas? Sebab rumah dengan plafon yang lebih tinggi mempunyai sirkulasi udara dingin lebih baik.


Memaksimalkan ventilasi silang

Dalam sebuah bangunan, ventilasi silang dikenal sebagai metode pendingin alami. Dimana sistem ini mengandalkan udara alami yang masuk kedalam bangunan melalui suatu bukaan, dapat berupa jendela yang terbuka, kisi - kisi bangunan, lubang atap pelana, atau lubang dinding lainnya. Mengapa menggunakan sistem "penyilangan"? Nah, hal ini bertujuan agar pergantian antara udara panas dengan udara segar dapat terjadi.


Memperbanyak bukaan

Bukaan yang dimaksud dalam konteks ini adalah jendela. Semakin banyak jendela dalam suatu ruangan berarti lebih banyak jalan untuk masuknya udara alami dan cahaya alami kedalam ruangan. Dan apabila posisi bukaan dapat membentuk metode ventilasi silang maka tada! Kamu mungkin tidak akan lagi menggunakan AC ataupun kipas pada siang hari.


Kantilever sebagai penyangga panas

Memang benar semakin banyak bukaan berarti lebih banyak jalan untuk cahaya alami, tapi tentunya kita tidak ingin kelebihan cahaya alami dalam suatu ruangan sebab akan terasa panas. Itulah sebabnya kantilever diperlukan untuk membantu membatasi masuknya cahaya alami. Sebuah kantilever dapat berupa balkon rumah ataupun naungan eksternal.


Lalu bagaimana dengan rumah yang sudah terbangun? Apakah ada cara agar rumah saya juga dapat membantu meringankan tagihan listrik? Tentu saja iya! Kamu mungkin mau mencoba mengecek produk Reflecto coolroof. Coolroof by Reflecto dapat membantu mengurangi temperatur dalam suatu ruangan dengan cara memantulkan panas sehingga dapat mengurangi pengunaan AC yang berujung kepada pengurangan tagihan listrik. Atau jika anda ingin memberikan proteksi lebih kepada rumah anda, maka kamu mungkin harus mengecek produk Leakfree Pro by Reflecto! Selain kemampuannya dalam menghemat tagihan listrik, Leakfree Pro juga dapat sekaligus memprotkesi rumah anda dri kebocoran sebab pada produk ini terdapat kandungan anti bocor and anti panas.

logo wa hitam yogiancreative.png