Search

Apakah Kamu Pengemar Desain Arsitektur yang Warna - Warni?


Warna-warni berarti menyenangkan! namun terlalu berwarna terkadang bisa menjadi norak. Tetapi ketika berbicara mengenai desain arsitektur, bangunan atau ruang yang berwarna-warni bisa menjadi bagus dan estetis loh. Jika kamu adalah penggemar desain warna-warni, lihatlah beberapa desain di bawah ini!


Jika kamu adalah tipe orang yang menyukai pink pastel, maka kamu mungkin menyukai desain rumah dari studio desain Manoj Petel ini. Rumah ini disebut juga sebagai rumah mozaik warna-warni, di mana interior rumah mempunyai dinding berwarna karang merah muda pada seluruh area tangga yang juga merupakan perwakilan bagian utama rumah, serta sedikit warna kuning di dinding lainnya dan juga pada beberapa furnitur. Tidak hanya itu, pada ruang makannya sendiri, mereka memiliki aksen mozaik warna koral terang yang menonjol di dinding.



Pernahkah kamu menemukan museum yang tidak hanya artistik di dalam tetapi juga di luar? nah kalo belum, kamu mungkin ingin mengunjungi Biomuseo oleh Gehry partner, ini adalah atrium luar ruangan umum yang ditutupi oleh kanopi logam berwarna-warni. Tidak hanya kombinasi antara dua atau tiga warna melainkan lebih dari 5 warna. Karena museum ini terletak jauh dari keramaian kota dan dikelilingi oleh alam, menjadikan bangunan ini menonjol sendiri pada area tersebut.



Ketika kita berbicara tentang fasad kantor atau bangunan mix-used, sering kali yang kita jempui adalah desain fasad yang sepenuhnya ditutupi oleh pelapis panel komposit dan panel kaca transparan. Tapi bagaimana dengan panel kaca warna-warni yang menutupi seluruh bangunan? Lihatlah insitute for sound and vision karya Willem Jan Neutelings dan Michiel Riedijk, sebuah kubus euclidian besar dengan panel kaca berwarna-warni yang terlihat seperti cat air abstrak yang dipadatkan di dalam kaca. Proyek ini terletak di Belanda, dan bayangkan dirimu melewati gedung ini, tidakkah akan terpesona dengan keindahannya?



Desain warna-warni tidak hanya berasal dari pengecatan pada permukaan tetapi juga bisa berasal dari desain pencahayaan itu sendiri. Panel kaca berwarna berbentuk U digantung secara vertikal ke fasad garasi parkir sipil ini oleh Moore Ruble Yudell Architects & planners, menjadikan kaca ini juga berfungsi sebagai kulit kedua pada fasad. Pada malam hari, cahaya yang berasal dari interior bangunan memancar dari panel-panel kaca yang membuat bangunan tampak seperti kotak lampion di tengah kota.



Taman umum pada umumnya mungkin diidentikkan dengan hamparan hijau, namun pernahkah kamu menjumpai taman yang berwarna-warni? Selain menambah keseruan aktivitas pengguna, juga dapat menambah keindahan desain lansekap di suatu kawasan. Lihatlah desain taman oleh 100 Architects bernama Horseland. Mengikuti nama "kuda", desain ruang publik ini menyerupai geometri abstrak kuda jika dilihat dari sudut pandang udara. Ini adalah kombinasi dari berbagai ukuran lingkaran warna-warni yang menciptakan lanskap berwarna-warni.


Jadi bagaimana pendapatmu mengenai desain arsitektur warna - warni? apakah kamu masih mejadi pengemar desain ini? 😉

logo wa hitam yogiancreative.png