Search

Apa Itu Gaya Desain Scandinavian? Kenapa Sangat Popular?


Terdapat berbagai macam style yang dapat di adaptasikan kedalam suatu desain baik interior maupun ekterior. Salah satu yang banyak digemari hingga saat ini adalah desain scandinavian style. Lalu apa sebenarnya desain scandinavian? Secara penjelasan umumnya, scandinavian style merupakan suatu gerakan desain yang bermunculan pada awal abad ke 20 di negara-negara Nordik seperti Swedia, Denmark, Finlandia, Norwegia, dan Islandia. Dan gerakan desain ini telah banyak mempengaruhi dunia perdesainan mulai dari arsitektur dan desain interior hingga desain produk. Desain skandinavian secara teori menawarkan solusi untuk hidup sederhana dengan memadukan minimalis dan fungsionalitas.


Jadi apa saja elemen desain Skandinavia?

  • Penampilan minimalus

  • Perpaduan warna yang terang dan natural

  • Selalu dilengkapi dengan aksen kayu baik pada furnitur maupun finshing elemen

  • Penggunaan lampu gantung sebagai elemen dekoratif

  • Dilengkapi dengan sedikit tanaman gantung

  • Perpaduan satu warna gelap sebagai aksen / kontras dalam ruangan

  • Pengunaan tekstil alami

  • Sofa salah satu furnitur utama

  • Mengedepankan fungsionalitas


Mengapa Skandinavia sangat populer?

Desain Skandinavia menggabungkan garis bersih dan estetika minimalis serta elemen mutifungsi. Gaya skandinavian juga selalu berkembang dan sesuai dengan ruang hidup modern yang membutuhkan produk fungsional dan mudah beradaptasi dengan waktu. Penggunaan material serta warna dalam gaya skandinavian membuat ruang terlihat bergaya dan modern serta memberikan kesan yang hangat dan welcoming sehingga desain ini sangat banyak diminati dan terus ada hingga saat ini.


Apa saja style furniture Skandinavia?

Penggunaan furnitur dalam desain skandinavian identik dengan yang minimalis dan praktis. Umumnya material untuk seluruh furnitur mencakup kursi meja dan sofa menggunakan material kayu minimalis dan berwarna cerah. "Fungsionalitas" berperan penting dalam furnitur skandinavian, untuk menghasilkan furnitur yang praktis biasanya dapat kita jumpai penyimpanan tersembunyi yang cerdik, rak modular, atau desain fleksibel.


Warna gaya Skandinavia

Umumnya palet warna skandinavian serupa dengan palet warna gaya nordic, seperti warna putih, putih pudar, dan abu-abu bersama dengan sedikit warna lebih gelap lainnya sebagai aksen dan biasanya berupa biru atau hijau yang diredam. Jadi apa pendapatmu mengenai desain gaya skadinavian? Atau mungkin kamu adalah penggemar desain skandinavian?

logo wa hitam yogiancreative.png