Suhu Panas Terpa Aceh Barat Daya, Diimbau Waspadai Bahaya Kebakaran



Suhu panas dari terik matahari yang menyengat melanda kawasan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) selama sepekan terakhir. Pada siang hari, suhu udara mencapai 31 derajat Celsius sehingga warga yang beraktivitas di ruang terbuka sangat kewalahan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya, Amiruddin dihubungi Serambinews.com mengimbau masyarakat agar lebih waspada dan mengantisipasi terhadap peristiwa kebakaran, selama suhu panas yang sudah berlangsung sekitar satu pekan terakhir.

Mengantisipasi peristiwa kebakaran dalam suasana suhu panas akibat tidak turun hujan, masyarakat diimbau tidak membakar sampah sembarangan. Disebutkan, api bersumber dari pembakaran sampah sangat berbahaya, atau dapat menimbulkan peristiwa kebakaran.

 Masih upaya mengantisipasi bahaya kebakaran, Amiruddin minta masyarakat untuk memastikan kompor gas dalam keadaan mati sebelum beristirahat pada malam hari.  

“Kepastian kompor gas  sudah dimatikan pada malam hari sangat penting, sebab beberapa kasus kebakaran disebabkan kompor gas lupa dimatikan,” kata Amiruddin, Kepala BPBK Abdya.

 Para petani, terutama di Kecamatan Kuala Batee dan Babahrot yang membuka lahan perkebunan agar tidak dilakukan dengan cara membakar.

“Membuka lahan dengan cara membakar sangat berbahaya karena api segera meluas sampai terjadi kebakaran hutan yang menimbulkan kabut asap,” katanya.

 

Amatan Serambinews.com, suhu udara yang meningkat mencapai lebih 31 derajat celcius menyebabkan panas menyegat yang puncaknya antara pukul 13.00 sampai 16.00 WIB.

Sebagian besar warga yang bekerja di ruang terbuka, terutama di sawah atau di luar rumah harus menghentikan aktivitasnya.

Kondisi ini mengharuskan sebagian warga mencari tempat berteduh di bawah pohon atau tempat lain. Banyak pula warga mendatangi aliran sungai-sungai terdekat untuk menghilangkan penat.

Aliran sungai Krueng Beukah atau Krueng Susoh  yang membelah Kecamatan Blangpidie menjadi pilihan sebagai besar warga pada sore hari.

Mereka betah mandi berlama-lama atau merendam tubuh ke dalam aliran sungai untuk mengusir suhu panas

 

Ruangan dirumah anda masih panas, walaupun sudah menggunakan AC ? Jangan khawatir, masalah tersebut bisa diatasi oleh produk reflecto selain sudah banyak digunakan oleh perusahaan besar di indonesia, reflecto juga memberikan garansi jika suhu tidak turun cek di web http:/reflecto.co.id

Sumber Artikel : http://aceh.tribunnews.com/


Latest News