Awas Medan 37 Derajat Celcius, Wilayah sumut lainnya 35 Derajat Celcius. Puasa Makin Berat



Medan Awas! Wilayah Sumatera Utara (Sumut) memasuki peningkatan suhu ekstrem. Saat ini rata-rata suhu di Kota Medan dan sekitarnya mencapai 37 derajat Celcius. Ini sudah tergolong cuaca ekstrem, kata Kabid Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan, Sunardi, Senin (27/6/2016). Sunardi mengatakan, suhu panas 37 derajat Celcius ini akan terjadi hingga 3 hari ke depan. Ini terjadi karena Sumut dalam posisi transisi musim hujan ke musim kemarau pada Juli 2016 mendatang.

Untuk wilayah Sumatera Utara pada umumnya, suhunya masih berada di angka 35 derajat Celcius. Hanya di Kota Medan dan sekitarnya yang mencapai angka 37 derajat Celcius, sebutnya.

Tingginya suhu udara ini menyebabkan tubuh rentan terserang dehidrasi, apalagi bagi yang sedang menjalankan ibadah puasa. Karenanya Sunardi mengimbau warga untuk tidak terlalu banyak beraktivitas di luar ruangan.

Terpisah, praktisi kesehatan Sumut, Dr dr Umar Zein SpPD KPTI menyatakan, suhu ekstrem ini dapat menyebabkan dehidrasi. Untuk itu ia mengimbau, agar sedapat mungkin menghindari paparan langsung sinar matahari.

Tentunya dengan cuaca panas tersebut, hal yang paling memungkinkan terjadi adalah dehidrasi. Apalagi bagi mereka yang bekerja di lapangan, yang terpapar langsung dengan sinar matahari, tuturnya.

Cuaca panas itu juga memberatkan bagi mereka yang menjalankan ibadah puasa. Karena rasa haus akan semakin mudah terjadi akibat cuaca panas ini. Untuk itu, sedapat mungkin memperbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka, tambahnya. (heru).

Anda masih kegerahan dirumah walaupun sudah memakai AC ? Reflecto bisa mengatasi masalah tersebut, karena reflecto cat anti panas yang dapat menurunkan suhu ruangan dan menghemat listrik. Untuk info selengkapnya klik -> reflecto.co.id 

Sumber : Medansatu.com


Latest News