Tidak Hanya dari Sumber Panas Matahari, Solar Energi juga Bisa Dihasilkan Lewat Air Hujan



TRIBUNKALTIM.CO - Saat ini semua negara sedang gencar untuk mencari sumber energi terbaru yang bisa diperbaharui dan  ramah lingkungan.

Seperti turbin berkekuatan angin dan panel terik matahari yang dapat menghasilkan energi serta mengurangi emisi karbon yang merusak lingkungan.

Panel solar tenaga matahari merupakan alat penghasil energi yang sedang populer saat ini dan banyak orang yang menggunakannya.

Untuk bisa menghasilkan energi, panel solar membutuhkan sumber panas matahari yang banyak. Namun bagaimana jika sedang musim hujan tiba? Maka panel solar tidak dapat bekerja secara maksimal.

Tidak perlu khawatir karena para peneliti saat ini telah bekerja untuk menghasilkan energi menggunakan reaksi kimia sederhana air hujan atau disebut juga graphene.

Seperti dilansir melalui situs elitereader, sejak diketahui air hujan mengandung beberapa macam garam.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di Universitas Ocean di Tiongkok, bagian Qingdao. Para peneliti telah melakukan uji coba dengan memisahkan kandungan garam dari air hujan menjadi ion positif dan negatif dari sodium, kalsium dan ammonium yang juga ditemukan dalam kandungan air hujan.

Panel solar terbaru ini nantinya akan disebut graphene, dimana para peneliti sedang mengembangkan alat ini yang mampu menghasilkan ratusan mikrovolt dari reaksi kimia tersebut dan mengubah mikrovolt ini menjadi energi listrik.

Uji coba ini masih terus dikembangkan untuk menghasilkan kemajuan yang lebih baik agar dapat mewujudkan sumber energigraphene ke depannya.

Dalam jangka waktu sebentar lagi orang-orang akan dapat menikmati energi listrik walaupun cuaca buruk melanda.
Artikel Sumber Tribun Kaltim 

Reflecto.co.id


Latest News